karpet meteran

Karpet Kantor

Karpet kantor sebenarnya adalah hanya sebuah istilah saja yang digunakan oleh sebagian orang. Biasanya karpet kantor ini adalah karpet meteran atau karpet tile yang memang banyak digunakan untuk berbagai ruangan. Namun karena penggunaan karpet yang cukup populer untuk ruang perkantoran, seringkali menimbulkan persepsi bahwa karpet yang digunakan adalah karpet yang dibuat secara khusus untuk ruang perkantoran.

Karena karpet kantor ini sangat fungsional, karpet ini dapat digunakan untuk beragam ruangan lainnya. Dapat dipasang secara permanen (direkatkan pada lantai) atau non-permanen (dapat dipindah atau digulung). Dapat dipasang secara custom, mengikuti pola atau lay out sebuah ruangan. Dan lain sebagainya.

Keunggulan karpet kantor ini Selain itu harganya yang cukup ekonomis adalah daya tahan atau jangka waktu penggunaan yang bisa dibilang cukup panjang. Terkadang masih layak pakai meski sudah lebih dari 5 tahun dengan trafik yang cukup tinggi. Penyebutan karpet meteran atau karpet tile diatas dengan karpet kantor, sering juga disebut dengan karpet hotel, karpet apartemen, karpet ruang fitness, karpet studio musik, karpet tangga, dan lain-lain.

 

Jenis Karpet Kantor – Karpet Meteran dan Karpet Tile

Secara umum karpet kantor dibedakan menjadi dua jenis karpet, yaitu karpet meteran dan karpet tile. Sejatinya kedua karpet ini dapat digunakan untuk berbagai macam ruangan, tidak terbatas pada ruang kantor. Secara spesifikasi produk, tidak jauh berbeda, baik dari jenis benang maupun ketebalannya. Keduanya memiliki desain warna polos/solid maupun bermotif.

 

Tips Memilih Karpet Kantor

 Mendesain interior kantor memang berbeda dengan merancang interior rumah tinggal. Menerapkan desain yang tepat akan menciptakan atmosfir positif pada kantor Anda sehingga dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan. Selain itu desain interior kantor idealnya juga memberikan kesan profesionl, elegan, dan berkelas  untuk meningkatkan kepercayaan klien atau calon konsumen terhadap bisnis Anda. Salah satu unsur dalam interior yang dimaksud adalah karpet kantor. Bila salah memilih bisa jadi karpet malah menjadi pengganggu baik dari segi penampilannya atau pun fungsinya.

Memilih karpet kantor dengan tepat

Cara paling bijaksana dalam merancang interior tentu adalah menggunakan jasa ahlinya yaitu para desainer interior.  Tetapi bila Anda ingin melakukannya sendiri, termasuk dalam pemilihan karpet kantor, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Foot trafic

Yang dimaksud foot traffic adalah aktivitas ruangan dimana karpet hendak ditempatkan. Para karyawan di sebuah kantor tentu akan banyak berkegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan termasuk berjalan kesana kemari. Bila memang sebuah ruangan atau lorong cukup padat aktivitas dan dilalui banyak orang berarti jenis karpet yang harus menjadi pilihan adalah tahan lama, tak menghimpun debu, dan gampang dibersihkan. Sebaliknya, karpet jenis permadani lebih cocok untuk ruangan yang jarang dilalui.

Menyesuaikan dengan dana

Pertama, tentukan dulu berapa budget yang akan dialokasikan untuk pembelian karpet dan setelah itu barulah Anda dapat memilih jenis karpet yang dibutuhkan sekaligus sesuai dengan ketersediaan dana.

Perawatan karpet kantor

Jangan lupa mempertimbangkan tentang perawatan karpet kantor karena perangkat tersebut harus dirawat secara tepat dan teratur agar tetap awet. Pastikan bahwa karpet dapat dibersihkan dengan mudah bila perlu tanpa memanggil  jasa profesional untuk menghemat dana.

Model dan warna karpet kantor

Idealnya pemilihan model dan warna karpet harus senada dengan konsep desain interior secara keseluruhan agar  tercipta keharmonisan. Ada dua model yang secara umum digunakan, karpet meteran dan karpet tile. Selain itu dalam memilih warna juga harus memperhitungkan dampak psikologisnya baik bagi karyawan  serta klien atau kolega.

Bahan karpet kantor

Ada beragam jenis bahan karpet kantor seperti polyester, polypropylene, wool, nilon, hingga karpet tile. Ada bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.